Obat tradisional sederhana

Saat ini banyak catatan atau pengetahuan mengenai pengobatan tradisional yang sudah hilang atau dilupakan. Beberapa metode atau obat sederhana jaman dulu yang dianggap aneh untuk jaman sekarang saya tulis di sini sebagai perbandingan. Sebagian besar mungkin tidak bisa  atau susah diterapkan jaman sekarang. Sayangnya tidak ada penjelasan detil mengenai mengapa obat tersebut yang dipakai pada saat itu.

Catatan ini disalin dari catatan Jamu Tradisional yang disusun oleh KRAy Hastungoro di Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 1982.

  • Luka kena api/ luka bakar : untuk mencegah supaya bekas kena api tidak melembung (melentung – bhs Jawa) maka hanya dibobok dengan campuran abu dan air. Rasa yang tadinya panas setelah dibobok akan terasa dingin. Dan boboklah berulang kali, niscaya akan cepat sembuh dan tidak melembung (melentung).
  • Bekas luka kena api sering kelihatan belang setelah sembuh :¬†bakarlah kayu (yg belum begitu kering) yang dapat mengeluarkan air yang berwarna kecoklatan. Gunakanlah air tersebut untuk mengoles di tempat yang belang tadi. Kulit anda akan kembali sama warnanya dengan yang asli.
  • Cuplak/ bisul keras: pengobatannya juga memakai air dari kayu bakar.
  • Kutil: pengobatannya, teteskan atau oleskan getah pepaya. Kutil akan lepas sendiri dalam 4-5 kali olesan. Mengoleskan harus hati-hati karena getah tersebut dapat melecetkan kulit dan gatal rasanya.
  • Sakit Bonnen- Wudun: biasanya penyakit ini rasanya panas dan sakit sekali menyebabkan sukar tidur. Ambillah daun srikoyo, berilah garam sedikit, ditumbuk halus. Bobokkan atau tutupkan pada temapt yang sakit, benjolan akan pecah sendiri dengan lubang yang kecil. Jika sembh tidak begitu kelihatan bekasnya. Perlu diketahui obat ini bila ditempelkan, rasanya sejuk dingin jadi dapat mengurangi rasa panas. dan ada daya menyedot bila obat ini mengering.
  • Sakit Kaki (Kapal Matang): Kates dibakar, setelah agak panas, diinjak tepat pada kaki yang sakit tiap hari. Niscaya akan sembuh sendiri.
  • Luka kena barang tajam: untuk mengurangi keluarnya darah dan bekas luka cepat kering tutuplah dengan daun manding yang telah ditumbuk.
  • Sakit Batuk: bila anda sakit batuk minumlah obat yang enak rasanya, kecap dan jeruk nipis. Cukup satu sendok makan saja, 2x sehari.

 

Share
mm

Ayu Kinasih Anggarini

Mom of one human and five dogs :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.